Pro-kontra Konsep Cahsless Society

Artikel%20cashless

Cashless Society sudah semakin sering digunakan dan terus berkembang setiap tahun nya, dengan layanan e-money (uang digital) dan e-wallet (dompet digital) semakin di gemari oleh masyarakat saat ini.
Secara tidak langsung menjadikan penggunaan uang fisik perlahan-lahan mulai tergantikan dengan uang digital. Adanya promo dan kemudahan yang diberikan layanan uang dan dompet digital ini membuat ketertarikan masyarakat dalam penggunaan uang non-tunai.

Perlu diketahui tentang konsep cashless society ini bertujuan, untuk memberikan pandangan menyeluruh terkait transaksi non-tunai dengan transaksi tunai, yang sudah pasti memiliki plus-minus di antara keduanya.

Berikut ini adalah beberapa plus minus nya:

Banyak promo menarik vs konsumtif

Memberikan banyak promo adalah salah strategi yang diberikan untuk menarik minat masyarakat untuk menikmati semua layanan non-tunai.

Layanan uang dan dompet digital ini, selalu berlomba-lomba memberikan promo seperti, potongan harga hingga cashback besar dalam setiap pembelian produk.

Namun jika kamu menyadarinya, secara tidak langsung kamu akan menjadi konsumtif dan boros, karena tergoda dengan berbagai promo dan diskon. Sehingga pengelolaan keuangan menjadi tidak stabil.

Artikel%20cashless2
Transaksi mudah dan cepat vs sinyal

Jelas jika dibandingkan dengan transaksi tunai, Cashless society jauh lebih mudah dan cepat karena jika kamu melakukan transaksi dengan jumlah yang besar, tidak perlu repot lagi menghitung uang terlebih dahulu dan menunggu kembalian dari kasir.

Jika kamu transaksi menggunakan Cashless menjadi lebih mudah, kamu hanya perlu gesek kartu ke mesin EDC, tap, atau scan barcode lewat aplikasi saja.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan adanya kendala, terkadang mesin-mesin atau bahkan smartphone pengguna justru mengalami kendala sinyal yang tidak terdeteksi, sehingga perlu menunggu beberapa waktu agar transaksi bisa dilakukan kembali. Jika kamu tidak sabar sudah pasti kamu akan menggunakan transaksi tunai.

Artikel%20cashless3
Terhindar dari kejahatan vs Serangan Siber

Keamanan dan kenyamanan selalu menjadi fitur utama yang diberikan layanan uang dan dompet digital. Selain kenyamanan di setiap transaksi nya keamanan juga menjadi fitur andalan nya, dengan memberikan pin, kata sandi, atau scan sidik jari.

Hal tersebut menjadi kelebihan transaksi cashless yang dapat dipercaya setiap pengguna nya, namun perlu kamu pahami kembali, se canggih apapun itu selalu ada saja celah untuk tindak kejahatan, salah satu nya serangan siber yang bisa menghantui pengguna Cashless atau layanan digital lain nya.

Seperti yang terjadi dengan beberapa rekan saya, dimana saldo dompet digital nya berkurang tiba-tiba, dan transaksi gelap yang tiba-tiba muncul pada notifikasi billing payment.

Jadi walaupun transaksi cashless lebih kamu minati saat ini ada baik nya kamu persiapkan juga beberapa uang tunai di dompet dan isi saldo dompet digital kamu secukupnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Writer,
Sandy Prakoso

iya bener gan, walaupun sekarang cashless system sudah dimana2, tetap penting juga untuk menyiapkan uang tunai. dan kalau untuk nabung, mendingan dalam bentuk emas atau cryptocurrency IMO.