Rumah Compact Untuk Hunian pada Lahan Mungil


Lahan yang terbatas untuk dijadikan sebagai sebuah hunian bisa di lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah konsep rumah compact yang banyak diterapkan di kalangan masyarakat. Bentuk bangunan dari rumah compact umumnya dibuat dengan model bangunan yang tinggi. Hal ini mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki, sehingga membuat rumah dengan model lebar akan lebih tidak mungkin. Tidak di desain secara berlebihan dan mewah, umunya rumah compact memiliki konsep rumah murah jember yang sederhana, simple dan minimalis.
Memiliki keunggulan konsep yang mengedepankan fungsi, membuat desain rumah ini lebih memaksimalkan pada penggunaan atau fungsi ruang. Oleh karena itu, umumnya rumah compact tidak memiliki banyak sekat pada masing-masing ruanganya. Sehingga jika letak ruangan satu dengan ruangan yang lainnya seperti tergabung menjadi satu tanpa batas.
Setidaknya rumah dengan konsep compact memiliki ciri-ciri :
a. Pengaturan tata letak ruangan yang efesien dan efektif. Misalnya dengan memaksimalkan area bawah tangga sebagai ruangan tertentu, seperti ruang makan, dapur atau kamar mandi.
b. Meski ruangannya nyaris tak memiliki penyekat, namun konsep penataan ruangan dalam rumah compact umumnya tampak rapi dan teratur. Sehingga membuat desain interior rumah tampak menarik dan cantik.
c. Konsep dari rumah compact adalah memaksimalkan fungsi ruangan, maka rumah kompak jarang menggunakan trik yang mempersempit masing-masing ukuran ruang demi membuat banyak ruangan.
d. Memiliki konsep rumah kavling murah jember yang sederhana. Sehingga hal ini mencerminkan karakter pemiliknya yang tidak menyukai sesuatu yang ribet dan rumit jadi ter kesan indah dan nyaman.
e. Karakter rumah biasanya lebih cocok diterapkan pada daerah perkotaan, meski tak menutup kemungkinan nantinya juga akan banyak diaplikasikan pada daerah pedesaan.
Aplikasi gaya rumah model kekinian
a. Hindari membeli atau menggunakan banyak furniture. Memilih furniture yang sesuai kebutuhan merupakan langkah bijak yang diterapkan untuk hunian dengan konsep unik.
b. Usahakan menggunakan perabotan atau furniture yang multifungsi. Misalnya menggunakan sofa atau ruang tamu yang memiliki tempat penyimpanan di bawahnya.
c. Tidak ada salahnya menambah unsur tumbuhan atau tanaman hijau ke dalam rumah agar lebih terasa sejuk dan asri.