SEJARAH SINGKAT MASJID MUHAMMAD CHENG HOO INDONESIA

SEJARAH SINGKAT MASJID MUHAMMAD CHENG HOO INDONESIA- Atas gagasan dari HMY.Bambang sujanto dan teman-teman PITI, pembangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo Indonesia dimulai dari tanggal 15 oktober 2001, dimulai dengan peletakan batu pertama yang dihadiri oleh sejumlah tokoh tionghoa Surabaya. Antara lain Liem Ou Yen (Ketua paguyuban masyarakat tionghoa Surabaya), Bintoro Tanjung(Presiden Komisaris Gudang Garam Tbk), Henry J. Gunawan(Direktur PT. Surya inti Permata Tbk) dan Bingky Irawan (Ketua Makatin Jatim), serta puluhan penguaha dan toko-toko masyarakat Tionghoa dan masi banyak yang lainya.


Tidak hanya itu Tokoh masyarakat Jawa Timur juga turut hadir diantaranya; HRP.Moch, Noer dan Mayjend, Pol.(Purn) Drs, H. Soemarsono SH, MBA. dan dari jajaran pengurus PITI dan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo ndonesia sendri hadir; HM. Trisno Adi Tantiono (ketua DPP PITI), (Alm), H. Muhammad. Ghozali dan masih banyak ang lainya.
selain itu moment yang sangat berharga ini juga dihadiri oleh semua anggota PITI surabaya serat tokoh-tokoh masyarakat Surabaya.

Rancangan awal masjid Muhammad Cheng Hoo diilhami oleh bentuk Masjid Niu Jie Beijing yang dibangun pada tahun 996 Masehi. Kemudian pengembangan desain arsitekturnya dilakukan oleh Ir. Aziz Johan (Anggota PITI dari bojonogoro). dan mendapat dukungan dari semua pengurus PITI dan yang lainya

cenghoo
Modal awal pembangunan Masjid ini menelan biaya RP. 500jt. Diperoleh dari jerih payah dengan menerbitkan buku :Saudara Baru/ Jus Amma" dalam tiga bahasa. dan sisanya dari gotong royong dari sumbangan-sumbangan masyarakat sehingga terkumpulah dana untuk membangun masjid Muhammad Cheng Hoo Indonesia.Total pembangunan masjid ini Menelan biaya Rp.3,300M. Dengan luas tanah 3.007m2. dengan status kepemilikan tanah SHM. No.502 atas nama H.M Trisnoadi Tantiono dan H.M.Y Bambang Sujanto. Secara keseluruhan Luas bangunan Muhammad Cheng hoo Indonesia berukuran 21X11 meter, dengan bangunan utama berukuran 11x9 meter. Setiap bangunan masjid Muhammad Cheng Hoo ini memiliki arti sendiri, misalnya bangunan utama. panjang 11 meter pada bangunan ini menandakan bahwa Ka’bah pada saat pertama kali dibangun oleh nabi Ibrahim As. sedangkan lebar 9 meter pada bangunan utama masjid ini diambil dari keberadaan Walisongo dalam menyebarkan islam ditanah Jawa. Arsitekturnya yang menyerupai model Klenteng itu adalah gagasan untuk menunjukkan identitas sebagai muslim Tionghoa (Islam Tiongkok) di Indonesia Untuk mengenang leluhur warga Tionghoa yang mayoritas beragama Budha.
Pada sisi kanan Masjid terdapat relief Muhammad Cheng Hoo berasma armada kapal yang digunakanya dalam mengarungi samudara Hindia. Relief ini memiliki pesan kepada kaum muslim Tionghoa di Indonesia pada khususnya agar tidak rishi dan sombong sebagai seorng muslim.

MUHAMMAD CHENG HOO
Orang Tionghoa masuk islam bukan merupakan hal yang luar biasa, tetapi merupakan hal yang biasa karena pada 600 tahun yang lalu terdapat seorang laksamana beragama islam yang taat bernama Muhammad Cheng Hoo dan beliau telah turut mensyi’arkan agama islam ditanah Indonesia pada jaman dulu.
Beliau adalah utusan Raja Dinasti Ming yang menjalani kunjungan ke Asia sebagai Utusan/Duta Perdamaian”. Sebagai seorang bahariawan dan laksaman, Muhammad Cheng Hoo berhasil mengelilingi dunia selama 7 kali berturut-turut dan mejalin hubungan dengan perdagangan dengan negara-negara yang dikunjunginya termasuk diantaranya adalah bersilatuhrahmi mengunjungi kerajaan Majapahit untk menjalin hubungan perdagangan, barang-barang yang dibawahnya adalah sutra, keramik,obat-obatan dan the, oleh sejrah perjalanan ini dikenal sebagai perjalanan/perdagangan sutera.
Begitulah Pofil singkat tetang Masjid dan Laksamana Cheng Hoo, tetntu tulisan ini belum memuasakan bagi para pembaca, dan tentunya masih banyek kekurangan, maka dari itu mohon saran dan kritiknya untuk lebih membangun dan membesarkan blog ini. terimakasih

Untuk mau tau banyak tentang semua informasi terus ikuti Blog kita yaa, dan jangan lupa juga untuk mengunjungi situs Sevendreamcity Untuk semua kebutuhan event anda.
1. Sewa Tempat Usaha Murah Jember
2. CoWorking spsce Jember
3. Virtual Office
4. Sewa venue murah jember