Stellar: Mata Uang Virtual Yang Menguntungkan Perusahaan


#1

Di postingan sebelumnya saya sudah coba menjelaskan kurang lebih tentang touchcon, kripto baru yang saya rekomendasikan untuk pemula. Kali ini saya mau coba menceritakan tentang Stellar, koin kripto yang banyak dipakai oleh perusahaan bonafide di dunia.

Seperti yang pernah saya bilang kalau kripto di luar negeri merupakan hal yang biasa bahkan saking biasanya sampai digunakan untuk pembayaran toko online atau offline, di beberapa negara sudah bisa buat bayar pajak. Salah satunya adalah Stellar. Singkatnya Stellar diciptakan oleh Jed McCaleb tahun 2014 dengan tujuan untuk mendobrak mindset bahwa pengiriman uang hanya bisa dilakukan oleh pihak ketiga (biasanya bank) dan memakan waktu serta biaya yang banyak.

Keahlian Stellar adalah diciptakan untuk menjadi sarana kirim dan terima aset digital (uang virtual) dalam jumlah besar, kemana pun, kapan pun, dengan biaya yang sangat minim. Biaya pengiriman aset digital menggunakan stellar sebesar 1 USD untuk 400.000 kali transaksi. Pengiriman aset digital ini dilakukan selama 24 jam tanpa delay. Jadi tidak ada istilah nyangkut, ketahan, lemot, atau uang tidak masuk. Kenapa?

Jed McCaleb menambahkan fitur Anti Spam pada Stellar yang berfungsi untuk mencegah peretasan yang dilakukan hacker. Biasanya hacker menggunakan DDoD untuk menyerang jaringan stellar dan kemudian mencuri dana yang dikirimkan oleh pengguna sebelum diverifikasi oleh perusahaan stellar. Dengan adanya Anti Spam ini, akun yang teridentifikasi sebagai hacker akan dikuras asetnya sehingga tidak bisa melakukan peretasan. Karena kebijakan wallet stellar, setiap pengguna harus menyisihkan minimum 20 XLM agar akun tersebut tidak di banned atau dianggap sebagai hacker.

Salah satu perusahaan yang menggunakan jasa stellar adalah IBM. Penggunaan stellar sebagai alat kirim dan terima aset digital sangat menguntungkan dari segi finansial karena dengan modal yang kecil, pengiriman dapat berjalan dengan lancar, cepat, tanpa delay.

Selain dimanfaatkan untuk pengiriman aset digital, stellar juga merupakan koin kripto yang bisa diperjual-belikan di exchange. Kini sudah banyak exchange terkemuka yang menjajakan stellar. Wallet stellar bisa dibuat di stellar.org, Ledger Nano S, Atomic Wallet, Stargazer Wallet, Lobstr Wallet, dan sebagainya.


#2

Cara kerjanya gimana gan? apa sama kayak bitcoin biasa? apa kayak touchcon yang beda konsep


#3

Cara kerjanya kurang lebih sama aja kya kripto lain, harus install dan registrasi walletnya. Klo mau sekalian transaksi kripto lain dan jual beli token basis stellar paling rekomen pake interstellar. Tp klo buat main biasa pake wallet resminya aja buka stellar.org