Taktik membeli rumah untuk investasi

Berinvestasi jual beli property di daerah jember masih terus dipercaya oleh kalangan masyarakat sebagai sektor yang paling strategis, biasanya pembeli memiliki permintaan yang tinggi sehingga harga jual beli property di jember terus saja melonjak dalam waktu yang singkat ini.
Namun sama halnya dengan investasi lainnya, kita juga harus memahami seluk beluk dunia property sebelum siap dengan modal uang ratusan juta rupiah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan. Beginilah taktik untuk para investor property bagi pemula:

  1. Berhati-hati dengan kenaikan suku bunga.
    Kenaiakan suku bunga bisa menjadi maslaah yang harus diperhatikan dan diingat, kita harus meminimalisir total angsuran KPR agar tidak menguras pengeluaran tiap bulannya.
  2. Jangan membeli property yang lama atau tua.
    Membeli property yang lama atau tua untuk merenovasinya sangat menggiurkan bagi kita, namun jika kita belum berpengalaman dengan hal tersebut kita bisa mengalami kerugian. Kecuali kita memiliki kenalan jasa krontraktor yang berkualitas dan ongkos jasanya cukup terjangkau. Oleh sebab itu, pilihlah property dengan harga yang miring atau murah namun tidakk begitu memerlukan banyak renovasi.
  3. Perhitungkan biaya operasional.
    Perhitungan operasional dalam bidang property baru kita adalah sekitar 35% sampai dengan 80% dari pendapatan harga sewa. Kulkulasi yang paling mudah adalah dengan menmggunakan aturan 50%, jadi apabila biaya sewa kita Rp.2 juta maka biaya operasional biasanya mencapai Rp.1 juta perbulannya.
  4. Tentukan jenis rumah dan lokasi yang akan dibeli.
    penentuan jenis rumah dan lokasi yang akan kita beli atau jual untuk bisnis investasi adalah langkah yang sangat penting untuk selanjutnya. Lokasi yang buruk atau tidak strategis akan membuat pembeli tidak minat dengan rumah tersebut, pertimbangkan kembali faktor fasilitas sarana transportasi, pendidikan, serta rawan akan kejahatan. Apabila kita membidik untuk para pekerja dari luar kota maka pilihlah lokasi yang dekat dengan pusta bisnis yang strategis, namun apabila kita membidik untuk para turis yang sedang berlibur maka pilihlah lokasi yang sangat dekat dengan tempat wisatawan.