Taman Nasional Meru Betiri Surganya Para Wisatawan

Taman Nasional Meru Betiri adalah taman nasional yang terletak di regional Jawa Timur bagian selatan pada koordinat geografis 8°21’ - 8°34’ LS, 113°37’ - 113°58’ BT, dengan ketinggian 900 - 1.223 mdpl dan curah hujan rata-rata 2.300 mm/tahun, ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1982 oleh Menteri Pertanian dengan luas wilayahnya sekitar 58.000 ha dengan nama diambil dari nama gunung tertinggi di kawasan ini yaitu Gunung Betiri (1.223m). Taman nasional ini terdiri dari lima vegetasi, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, hutan rheophyte, dan hutan hujan dataran rendah. Maka, tak berlebihan rasanya jika tempat ini memiliki slogan ‘Home of Biodiversity.’

Tak hanya menyaksikan keagungan Tuhan lewat pemandangan indah yang memanjakan mata, di Meru Betiri Anda pun dapat menyaksikan langsung kehidupan satwa-satwa liar yang dibiarkan bebas. Taman ini merupakan rumah terakhir untuk habitat harimau loreng Jawa ( Panthera tigris sondaic a). Harimau loreng Jawa merupakan salah satu satwa yang dilindungi karena sudah hampir punah. Dan masih banyak satwa liar lainnya.

Taman Nasional Meru Betiri menawarkan beberapa tempat indah yang bisa dikunjungi, seperti pantai Rajegwesi, pantai Batu, dan pantai Sukamade.selain itu bisa juga melihat Goa Jepang, Bunga Raflesia, dan tanaman-tanaman obat lainnya. Sebanyak 293 jenis tumbuhan yang ada di taman nasional ini, antara lain, bunga raflesia, bakau, bungur, pulai, bendo, api-api, waru, nyamplung, rengas, dan beragam tumbuhan obat-obatan.

Jika anda ingin berpetualang atau berwisata ke Taman Nasional Meru Betiri, anda juga butuh penginapan hotel Jember untuk merileksasikan tubuh anda dulu agar fit untuk memulai petualangan berwisata. Di jember sendiri banyak penginapan hotel Jember yang harganya bervariatif.

Taman Nasional Meru Betiri pun bisa menjadi lokasi yang sempurna bagi para petualang alam bebas. Ada beragam kegiatan yang dapat Anda lakukan di Taman Nasional Meru Betiri, seperti jungle tracking maupun hiking. Rutenya melalui trans Bandealit - Teluk Meru (menginap - Teluk Permisan (menginap) - Sukamade dengan waktu tempuh 2 hingga 3 hari.

Demikian sedikit informasi dari admin, semoga bermanfaat untuk anda sekalian