Tempat Nongkrong atau Café | Tips Bisnis

Tempat Nongkrong atau Café – Usaha café atau tempat nongkrong di tempat – tempat strategis seperti di pinggir jalan, dekat taman, dekat kampus, dekat alun alun kota adalah prospek bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Karena café merupakan tempat yang menyediakan keperluan anak muda jaman sekarang yaitu sebagai refreshing, mencari hiburan, tempat berkumpul, tempat bersantai, dan tempat untuk mengisi waktu senggang kita.

Café atau tempat nongkrong ini mampu bersaing dengan café – café yang mempunyai modal yang besar, karena kebutuhan masyarakat tentang café atau tempat nongkrong sangat tinggi. Café atau tempat nongkrong mudah di jangkau oleh kalangan bawah, menengah kebawah, menengah keatas, bahkan sampai kalangan elit sekalipun.

Saat ini kebiasaan nongkrong sudah merambat kemana mana, sehingga kebiasaan nongkrong di café yang awalnya kebanyakan mahasiswa, sekarang sudah menjadi tempat yang sangat diminati oleh semua kalangan masyarakat. Café menjadi tempat yang banyak di cari, karena suasananya dan fleksibel untuk semua keperluan.

Nah, beberapa yang harus di perhatikan jika ingin membuka usaha café atau tempat nongkrong :

1. Tempat atau Lokasi Usaha
Tempat adalah hal yang paling berpengaruh dari usaha café atau tempat nongkrong ini. Karena pemilihan tempat bisa mendukung keberhasilan dari café tersebut. Selain itu dekorasi tempat yang indah, bagus, sederhana atau unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pilihan tempat dalam berbisnis usaha café ini di bagi menjadi 2, yaitu Menyewa Venue (tempat) dan tempat milik kita sendiri. Perbedaan memilih tempat di atas memiliki perbedaan masing2. Contohnya, jika Menyewa Venue (tempat) masih harus mengeluarkan biaya tambahan. Jika tempat milik sendiri pastinya tidak memerlukan biaya tambahan lagi.

Sebagus apa café kita, seunik apa café kita jika salah memilih lokasi tempat, dijamin bisnis café atau tempat nongkrong ini tidak akan berjalan dengan lancar. Jadi pilih lokasi yang mudah di jangkau oleh pengunjung, nyaman, area ramai (pusat perbelanjaan, dekat sekolah, dekat kampus, dekat pasar), lebih bagus lagi pilih tempat di pinggir jalan.

2. Harga Terjangkau
Pengunjung yang datang bervariasi, bermacam alasan dan berbagai macam kalangan. Ada yang hanya sekedar minum kopi, ada yang hanya ingin menikmati makanan, dan ada yg ingin berkumpul dengan saudara, teman, keluarga untuk menikmati makanan, minuman dan suasananya. Semua itu tidak lepas dari harga yg mudah di jangkau oleh berbagai kalangan agar pengunjung merasa puas dengan café kita.

3. Minuman dan Makanan
Hal yang satu ini juga berpengaruh dengan lancarnya bisnis café kita. Dengan makanan dan minuman yang rasanya enak dan unik di jamin pengunjung akan puas jika berkunjung di café kita.

4. Strategi Pemasaran
Untuk membantu agar café kita banyak yang tau atau banyak di kenal oleh pengunjung, kita harus mempromosikan café kita, entah lewat pampflet, baliho, voucher, sosmed, dll. Bagaimana pun caranya, yang penting café kita bisa di kenal oleh masyarakat. Dengan begitu kita lebih mudah untuk melalukan strategi marketing agar usaha kita berjalan dengan lancar.

5. Acara
Agar café atau tempat tongkrongan tidak terasa sepi, kita harus mengadakan acara – acara ya meskipun tidak terlalu besar, yang penting pengunjung bisa terhibur. Acaranya seperti musik live, nobar (nonton bareng), dll.

5 faktor diatas adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap suksesnya membuka usaha café atau tempat nongkrong.

Bagaimana apakah sudah tertarik untuk usaha café atau tempat nongkrong?

Semoga artikel ini bisa membantu bagi Anda semua yang ingin membuka usaha café atau tempat nongkrong. Terimakasih