Tentang Investasi Syariah

Semakin banyaknya masyarakat yang sudah viral mengenai investasi syariah, produk investasi syariah pun sudah semakin banyak di pasar saatnya anda mengetahui bagaimana investasi syariah di indonesia.

Investasi syariah kini sudah semakin banyak pilihannya dan semakin mudah juga di aksesnya. Tetapi, sebelum kita memulai investasi property tanah murah anda di investasi syariah, anda wajib mengetahui apa investasi syariah.

Investasi syariah ini pada dasar termasuk dalam keuangan syariah yang tentu saja di dalam investasi tersebut juga sudah pasti menggunakan sistem yang pelaksanaanya sesuai dengan hukum islam (syariah).

Prinsip umum dalam Investasi Syariah

Harus Terhindar Dari Riba

Pasti anda sering sekali mendengar tentang riba, apa sih yang di maksut dengan riba itu? Riba ini secara bahasa memiliki makna ziyadan atau tambahan.

Artinya, tambahan terhadap barang atau yang timbul dari suatu transaksi utang piutang yang harus di berikan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang pada saat jatuh tempo.

Riba yang diharamkan oleh para ulama dan di larang dalam al-quran adalah riba jahiliyah ini terjadi saat adanya proses pinjam-meminjam barang atau uang dalam periode tertentu dengan adanya riba atau tambahan.

Terhindari Dari Gharar

Selain riba, prinsip selanjut yang harus ada dalam investasi syariah adalah terhindar dari Gharar. Al-gharar ini adalah “ketidakpastian” maksutnya adalah ketidakpastian dalam transaksi muamalah.

Ketidakpastian dalam transaksi muamalah ini adalah terdapat sesuatu yang ingin disembunyikan oleh sebelah pihak dan hanya boleh menimbulkan rasa ketidakadilan kepada pihak yang lain.

Lebih detailnya gharar adalah semua aktivitas jual beli yang mengandung ketidakjelasan atau keraguan tentang adanya komoditas, ketidakjelasan akibat dan bahaya yang mengancam antara untung dan rugi, seperti pertaruhan atau perjudian.

Dalam islam sendiri, gharar adalah perkara yang sangat di larang dan haram hukumnya karena sangat merugikan orang lain.

Lembaga yang Mengawasi Investasi Syariah

Selain dari prinsip yang berbeda antara investasi syariah dan konvesional, ternyata terdapat perbedaan lembaga yang mengawasi investasi syariah. Pasti yang anda ketahui dalam setiap investasi pasti ada OJK yang mengawasi segala macam transaksi dan investasi keuangan.

Sejalan dengan berkembangnya lembaga keuangan syariah dan investasi syariah, munculah dewan syariah nasional (DSN) dan dewan pengawasan Syariah (DPS).

klo investasi di cryptocurrency kira2 gmn ya?