Tips Memilih Rumah Bekas

membeli-rumah-bekas
Membeli rumah bekas kadang lebih menguntungkan dari pada membeli rumah yang langsung jadi, dengan membeli rumah bekas kita bisa tahu perkembangan di sekitarnya. Kita juga akan mendapatkan luas tanah yang besar di bandingkan membeli rumah baru selain itu, kita di bebaskan dari pajak pertambahan nilai (PPN). Kecermatan memperhatikan lokasi sangatlah penting bagi kita yang akan melakukanjual beli property rumah bekas. Bukan hanya lokasi saja, namun banyak hal yang wajib kita pertimbangkan apakah rumah bekas tersebut adalah rumah yang kita inginkan atau termasuk kriteria kita atau tidak. Agar tidak menyesal dengan rumah yang kita akan beli yukk simak beberapa tips memilih rumah bekas:

  1. Cek kondisi fisik rumah.
    Cek secara detail kondisi rumah yang akan kita beli pada setiap bagian-bagiannya, apabila kita merasa tidak puas dengan penelitian kita, kita bisa menggunakan jasa kontraktor untuk menilai rumah bekas tersebut. Beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu:
    a. Pastikan kondisi lantai dan atap, cek atap apakah atap tersebut dalam kondisi buruk atau tidak misalnya atap tidak bocor atau berlubang-lubang. Lantai dalam keadaan tidak retak-retak.
    b. Periksa juga jaringan Pln, apakah kabel-kabel tersebut tertata dengan rapi atau malah sebaliknya yaitu awut-awutan.
    c. Cek kualitas air, apakah air tersebut layak untuk digunakan sehari-hari atau sebaliknya.
    d. Dinding apakah ada flek-flek atau bekas rembesan air.
  2. Periksa lingkungan sekitar.
    Periksa dan cek tentang lingkungan sekitar rumah bekas yang akan kita beli, jangan sampai kita menyesal karena ternyata lokasi rumah bekas yang akan kita beli sangat sulit diakses, jauh dari sarana pendidikan dan rawa akan kejahatan.
  3. Cek kelengkapan dokumen.
    Untuk rumah yang masih berstatus harta warisan, kita perlu mengatahui berapa banyak ahli waris yang sah hal ini sangat penting bagi kita agar terhindar dari masalah hukum yang tidak diinginkan di masa mendatang.saat menjual rumah bekas ataupun membeli rumah bekas kita harus Cek keaslian sertifikat rumah, bukti pajak bumi bangunan dan lainnya.
  4. Beli rumah dari pemilik langsung.
    Saat membeli rumah bekas sebaiknya kita langsung membeli rumah bekas tersebut kepada pemiliknya langsung agar terhindar dari penipuan.