Tips Mendapatkan Tanah Murah tanpa Resiko Tertipu

INVESTASI-TANAH-TUNGGU-APALAGI
Seiring dengan meningkatnya populasi penduduk, lahan yang berpotensi sebagai pembangunan tempat tinggal pun berkurang.

Imbasnya, harga tanah pun melambung. Sangat sulit mencari tanah murah jember di daerah ibukota. Terutama di kawasan kota-kota besar yang sudah lengkap dengan fasilitas hunian dan akses transportasi yang nyaman.

Namun demikian, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari tanah murah di Indonesia. Bahkan sebagian daerah masih menyediakan lahan dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu dibutuhkan strategi khusus untuk mendapatkan tanah murah jember di lokasi yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan tanah murah yang bisa Anda coba.

Lebih Murah membeli dari Tangan Pertama

Bukan rahasia umum lagi bahwa terdapat banyak calo dalam transaksi jual beli tanah. Praktik percaloan atau broker tanah memang tidak dilarang, hanya saja konsekuensinya adalah harga tanah menjadi lebih mahal karena dijual oleh pihak ketiga.

Oleh karena itu, hindari berhubungan dengan broker atau calo tanah. Sebaiknya langsung bertransaksi dengan pemilik tanah untuk mendapatkan harga orisinal.

Memanfaatkan Situs Online

Anda juga bisa memanfaatkan situs online atau marketplace yang menawarkan tanah atau lahan. Cara ini jelas menghemat waktu Anda karena tidak perlu datang langsung ke lapangan lagi.

Sebagai perbandingan, pilih dua atau tiga lahan yang menurut Anda cocok dengan lokasi dan harganya. Barulah kemudian lakukan survei dan sekaligus menemui pemiliknya untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan.

Membandingkan Harga Tanah

Ada dua cara membandingkan harga tanah yang hendak Anda beli. Pertama, Anda bisa membandingkan dengan NJOP tanah yang berlaku di lokasi tersebut. NJOP adalah singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak. Biasanya NJOP digunakan pemerintah sebagai standar ketika harus membebaskan tanah demi kepentingan negara.

Dengan berpatokan pada NJOP inilah Anda bisa memperkirakan harga rata-rata tanah secara wajar. Jika ada selisih harga dengan NJOP, Anda bisa menghitung sendiri untung dan ruginya. Kedua, Anda bisa membandingkan dengan harga tanah di daerah sekitarnya.

mantul gan tips2nya. ada satu lagi nih gan yang biasanya bikin orang mudah tertipu: rasa terburu2. ini biasanya terjadi pada org yang kurang kecerdasan emosionalnya. jadi mudah terpengaruh dan impulsif. di kursus ini diajarin gan caranya meningkatkan kecerdasan emosional. selain akan berdampak pada kemampuan kita dalam mengatur keadaan finansial, kita juga akan terbantu dalam aspek2 kehidupan lainnya