WASPADA! Kendala-Kendala Ini Tidak Boleh Ada Saat Berternak Ayam Broiler


Usaha peternakan ayam pedaging (broiler) memang di era modern saat ini sangat menggiurkan, apalagi dapat dilihat dari peluang pasar yang sangat luas dan menguntungkan sehingga banyak sekali orang yang ingin berusaha ayam pedaging (broiler) ini. Alasanya juga selain menguntungkan peternak juga akan menghasilkan daging ayam broiler yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat luas. Kebutuhan akan daging ayam semakin tinggi peminat di hari-hari tertentu seperti yang akan kita temui beberapa minggu lagi yaitu hari raya Idul Adha. Tetapi yang namanya sebuah bisnis tidak ada yang tidak mudah pasti ada beberapa faktor atau hambatan serta kendala dalam mengemban bisnis ini. Beberapa kendala atau hambatan peternak ayam pedaging (broiler) yang harus dihadapi sebagai berikut:

  1. Penyakit Pada Ayam Broiler
    Ketika mendirikan usaha ternak ayam Broiler pastinya akan berhunbungan langsung antara peternak dengan ayam maupun dengan ayam lain, setiap ayam berpotensi memiliki potensi untuk mengalami penyakit dengan kontak tersebut karena ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam yang mudah sekali terkena penyakit seperti infeksi sehingga angka kematian ayam cenderung lebih tinggi dibadningn dengan ayam jenis lain. Ayam broiler juga mudah stress dan nafsu makan menjadi mudah menurun oleh karena itu mudah sekali terkena berbagai macam penyakit. Cara untuk mengantisipasi masalah tersebut agar menghambat atau menanggulangi penyakit pada ayam broiler yaitu dengan memberikan vaksin atau vitamin kepada ayam secara teratur atau berkala supaya memiliki kekebalan tubuh yang bagus dan stabil.

  2. Angka Kematian Yang Tinggi
    Sudah dikatakan sebelumnya bahwa ayam broiler mudah terserang penyakit disbanding dengan ayam jenis lainnya sehingga angka kematian ayam jenis broiler ini cukup tinggi. Apabila tidak di antisipasi dapat merugikan tidak akan menguntungkan lagi. Kematian ayam dalam masa pemeliharaan sangatlah wajar dalam hal berternak akan tetapi setiap perternak harus waspada dan berupaya untuk menekan angka kematian pada ayam broiler ini seminimal mungkin. Angka normalitas yang masih dianggap wajar yaitu berkisar antara 3-5 % dari jumlah keseluruhan ternak ayam broiler.

Klik juga: peternakan ayam jember, supplier ayam pedaging jember

  1. Permintaan Pasar Menurun
    Hambatan dalam ternak ayam broiler selanjutnya yaitu permintaan pasar yang menjadi menurun. Selama ini daging ayam memang menjadi makanan favorit bagi banyak masyarakat terutama bagi sebuah keluarga. Namun kendala permintaan pasar menjadi turun dikarenakan harga daging ayam yang meningkat dengan tajam, penyebab daging ayam meningkat dikarenakan harga untuk proses produksi yang mahal seperti pakan ayam, ayam banyak mengalami kematian dan lain sebagainya. Di saat harga daging ayam mahal justru perminataan akan menjadi menurun.

  2. Harga Pakan Naik
    Pada saat semua barang yang ada di pasar atau toko menjadi langka atau mahal itu akan berdampak ke yang lain seperti kebutuhan sehari-hari. Dan itu berdampak pada harga pakan ayam broiler juga akan meningkat atau tinggi, sehingga perlu waspada atas kendala ini. Untuk mengatasinya dengan cara menyimpan stok pakan yang berlebih diwaktu sebelumnya dan juga harus mewaspadai iklim yang ekstrim dikarenakan dapat membuat harga pakan menjadi tinggi.

  3. Lingkungan sosial
    Bidang lingkungan sosial atau bermasyarakat seringkali banyak ditemui dalam usaha peternakan seperti pencurian, demo masyarakat karena pencemaran limbah dari hasil usaha peternakan ayam pedaging (broiler). Meskipun terlihat mudah, risiko juga dapat berdampak besar dan mengancam kelangsungan usaha peternakan. Oleh karena itu untuk mendirikan usaha peternakan ayam jenis ini harus memperhatikan lingkungan di sekitar. Hal ini dapat membuat bisnis usaha peternakan menjadi lancar, jika bermasalah dengan masyarakat maka berdampak tidak bagus bagi pengusaha maka berdiskusilah dengan baik terlebih dahulu dengan masyarakat berikan solusi yang terbaik.