Wow! Ini 3 komunitas otomotif terbesar di kota jember. Apa saja.?

otomotif

Terimakasih sudah mampir kembali di blog saya, kali ini kita akan membahas tentang dunia Otomotif yang belakangan ini semakin ngetren,

Dunia otomotif seperti tidak ada matinya. Sejak era tenggelamnya kapal VanDer Wijck hingga abad Melenium semakin menunjukkan eksistensinya,

Tak terkecuali di Indonesia, ini bisa dilihat dari data dari MENPRIN (Menteri Perindustrian) Bahwa Indonesia menjadi produsen Otomotif terbesar ke-Dua di ASEAN setelah Thailand.

Di tahun 2014, Indonesia sudah meproduksi sekitar 1,3 juta unit pertahun (production) dan menyerap tenaga kerja sebanyak 1,3 juta orang (domestic market).

Tak pelak dunia otomotif juga berperan penting dalam per ekonmian Nasional.

Namun hal yang tak kalah penting lainya adalah, dunia Otomotif seperti telah melahirkan perdaban baru yang di sebut komunitas pencinta Otomotif.

Dengan membentuk komunitas Otomotif, mereka bisa saling bertukar imformasi berbagai hal tentang kemajuan kendaraan mereka, seperti- bagaimana memperoleh suku cadang, Toko aksesoris, modifikasi hingga pemilihan bengkel yang berkualitas.

Hal unik lainya adalah, keberadaan Club ini tidak hanya bersifat regional namun juga mancanegara, umumnya para pencinta Otomotif ini sudah memiliki proses pendataan yang lengkap dan muktahir,

serta masing-masng Club sudah memiliki majalah & media online, serta situs yang selalu update untuk mengabarkan tentang sejarah hingga perkembangan Club mereka.

Berikut daftar tiga komunitas yang cukup besar di jember.

komunitas CB

CB

*Baca Juga : Sewa Ruang Kantor Murah Jember*

Motor CB seperti tak lekang oleh waktu, meskipun banyak bermunculan merk-merk terbaru namun tidak memudarkan semangat exclusive-nya.

Padahal produksi sudah berhenti sejak 31 tahun yang lalu. Di Indonesia, produksi motor CB hanya bertahan 10 tahun, dimulai tahun 1971 hingga 1981.

Sejak berdirinya, sudah menghasilkn sekitar 600.000 unit, dengan rata – rata 60.000 unit pertahun.

pada jamanya Honda CB tak banyak menyebar, hanya dikalangan anak2 menteng yang rata-rata status ekonominya berlebih, soalnya harganya terbilang mahal RP. 250.000. Pada waktu itu” ungkap Remy Sildo/sileas (Novelis dan budayawan).

Di tahun 2000-an Club ini mulai menggeliat kembali di Jakarta. Indikasinya bisa diliat dari beberapa Club Honda CB di ibukota seperti HCB (Honda Club Bekasi) dan komunitas kumpulan motor kotot.

Trend menanjaknya komunitas CB didaerah bisa dilihat dari wilayah Jawa Timur dan sekitarnya di tahun 1995, termasuk didalamnya Kabupaten Jember, banyak sekali komunitas motor CB yang bermunculan yang didominasi seri CB 100.

Sedangkan untk di daerah sendiri seperti di Jember, juga banyak berdiri komunitas serupa, antara lain.

Manunggal CBCJ CB XLISAT CB WOLES CB HOREG CB TELKOM CB KOPLING
CB DESO CB SEMPOLAN CB NOLIMIT CB RENGGANIS CB GENDENG CB OLENG
CB FRT CB KOMPAS CB KONTAK CB RACING

Besarnya komunitas ini juga bisa dilihat pada gelaran JABORE DAERAH JATIM tangal 22 september 2018 yang lalu, dihadiri tidak kurang dari 15000 peserta yang memadati kawasan terpadu Sevendreamcity Jember.

Komunitas mobil Timor

Sejarah berdirinya Mobil Timor.

Mobil TIMOR atau kependekan dari Mobil Teknologi Indutri Mobil Rakyat, pada awalnya di maksudkan sebagai mobil Nasional,

sama halnya dengan mobil Merk Proton milik Malaysia yang sudah lebih dulu mengembangkan mobil Nasionalnya, oleh sebab itu mobil merk Timor ini di bebesakan dari semua tanggungan pajak dan bea lainya,

sehingga harga mobil ini jauh lebih murah dari mobil- mobil yang sudah lebih dulu beredar dipasaran, seperti Toyota, serta merk mobil lainya dari negara Amerika dan Eropa.

Berdasarkan INPRES no 2 tahun 1996 Presiden soeharto mengintruksikan Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan, dan Mentri Negara Penggerak Dana Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal, untuk segerah mewujudkan Industri Mobil Nasional,

dan bersamaan dengan Intruksi presiden (INPRES) Ditunjuk PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN) milik Tomi Soeharto sebagai pionir pembuatan Mobil Nasional tersebut sehingga mereka dibebaskan dari semua pajak dan bea lainya.

Mobil ini resmi diluncurkan pada 8 juli 1996. Di Jakarta, Pada awal pemasaranya mobil ni sepenuhnya Completely Build Up (CBU) Di korea selatan,

kemudian di impor secarah lengkap ke Indonesia, kerana peralatan serta teknologi perakitan yang belum lengkap.

Di samping itu negara Jepang, Amerika dan Eropa memprotes kebijakan pemerintah terhadap Mobil TIMOR atas pembebasan Bea Impor dan Pajak Mobil-mobil mewah, ke World trade Organization (WTO),

lalu WTO memutuskan agar Indonesia mencabut kebijakan penghapusan pajak istimewa mobil TIMOR.

Tahun 1997 produksi Mobil TIMOR resmi ditutup karena Krisis Moneter yang melanda Indonesia.

Berikut ini jenis mobil yang telah di produsksi

  • Timor S515 1498cc SOHC Karburator
  • Timor S51i 1498cc
  • Timor SW516i 1600cc DHOC Injeksi
  • Timor R coupe
  • Timor sport edition 1600cc prodrive license
  • Timor SHOC Injection
  • Timor SL516i `Limosine 4-doors & 6-doors
  • Timor s513/s2 city car.

Seiring dengan berjalanya waktu mobil yang sudah berumur 20 tahunan ini, sudah banyak melahirkan komunitas-komuntas dari berbagai jenis mobil TIMOR yang telah dikeluarkan tersebut.

Seakan tak mau punah komunitas ini semakin menunjukkan eksistensinya, di berbagai daerah di indonesia termasuk di Jember Jawa Timur,

komunitas Mobil Timor Community atau MTC yang secara rutin mengadakan pertemuan setiap tahunya, yang mana baru- baru ini Jember menjadi tuan rumah dalam acara KOPDARGAB Mobil TIMOR Community,

*Baca Juga : Sewa Ruang Kantor Murah Jember*

yang dihadiri oleh perwkilan MTC probolinggo, situbondp, banyuwangi, lumajang, hingga pasuruan. Hari minggu 14 juli 2019 yang bertempat di kawasan terpadu Sevendream City Jln. Slamet Riyadi 168 Patrang Jember.

Komunitas Mercy Indonesia

Mobil pabrikan Jerman ini termasuk salah salah satu yang paling di kenal didunia, perusahan Otomotif yng berdiri tahun 1926 sialam,

menjdi perusahaan tertua yang bertahan hingga saat ini. Mobil ini juga dikenal berteknolgi dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi dan mobil berbahan bakar bensin pertama didunia.

MRC

Jenis produk termahal seperti Marcedez-Benz May bach s 560 hingga harga yang paling murah sudah menyebar di saentero dunia.

Selaian itu Pamor mobil ini sudah tidak diragukan lagi mulai dari artis Holliwood Shilvester stallone hingga artis ibukota seperti Syahrini sudah mengoleksi mobil mewah ini,

Hal yang tak kalah menariknya adalah Indonesia patut berbangga dengan kiprah mobil marcedez-benz ini, komunitas pencinta mercy yang berdiri pada tahun 2004 silam, menjadi komunitas terbesar di Dunia, memilik 7000 anggota dari 83 club yang tersebar diseluruh Indonesia.

Dalam setiap pertemuan yang rutin diadakan di Negara asalnya Jerman, Indonesia mendapatkan tempat untuk mempersentasikan setiap kegiatan yang dilakukan dihadapan para petinggi Club negara lain.

Seperti tak mau ketinggalan Jember juga ambil bagian dalam mendirikan komunitas mobil mewah ini, komunitas yang menamakan diri MBC atau (Marcedez-benz Jember) mulai berdiri sejak tahun 2010 ini sudah mempunyai 60 anggota lebih.

MCB

Ketua komunitas MBC Jember Fandi, mengatakan seluruh anggotanya sepakat akan membawa misi sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu, sehingga komunitas ini tidak menjadi perkumpulan yang exclusive saja, melainkan juga memabaur dan membantu masyarkat kecil,

semoga memberikan manfaat masyrakat jember dan sekitarnya dan juga harapanya sendri dengan adanya komunitas ini, bisa mengajak berbagi lapisan masyrakat untuk bergabung sehingga dapat memberikan synergy untuk masyrakat jember khususnya” ungkap Fandi di selah-selah acara yang berlansung di Sevendream city jember 2017 yang lalu.


Demikian semoga bermanfaat.